Dunia Kerja

30 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview Kerja

cariinloker.com

30 Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview Kerja

Pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri adalah salah satu pertanyaan klasik yang sering HRD lemparkan kepada para kandidat pelamar kerja saat proses interview. Namun, bagi sebagian besar kandidat pelamar kerja, pertanyaan tersebut menjadi momok yang menyeramkan.

Pasalnya, jika salah menjawab, maka kesempatan mendapatkan pekerjaan pun akan sirna. Khusus untuk Anda yang akan menjalani interview kerja, kami akan membantu Anda dengan memberikan referensi cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview pada artikel di bawah ini. 

Contoh Jawaban Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Jika Anda mendapatkan pertanyaan perihal kelebihan dan kekurangan saat proses interview, terdapat beberapa format jawaban yang dapat Anda berikan. Adapun format cara menjawa kelebihan dan kekurangan dirri saat interview dapat Anda pelajari di bawah ini.

1. Contoh Jawaban Kelebihan Diri

Unsplash

Berikut adalah beberapa format jawaban yang dapat Anda gunakan jika mendapatkan pertanyaan tentang kelebihan diri Anda saat menjalani interview kerja.

1. Fleksibel

Fleksibel adalah salah contoh jawaban kelebihan yang dapat Anda sebutkan saat proses interview. Jawaban ini akan membuat Anda nampak luwes untuk penempatan berbagai posisi.

2. Percaya Diri

Jawaban lainnya yang dapat Anda gunakan saat menghadapi pertanyaan perihal kelebihan diri adalah percaya diri. Jawaban ini akan membuat Anda menjadi nampak lebih ambisius dan siap untuk bekerja di perusahaan.

3. Kemampuan Memimpin yang Baik

Jika Anda melamar pekerjaan di posisi manajerial atau kepemimpinan, maka kelebihan seperti mampu memimpin tim menjadi jawaban berikutnya yang dapat Anda gunakan saat interview.

Jawaban ini akan menegaskan sisi leadership dan kesiapan Anda dalam memimpin tim. Sehingga, sebaiknya Anda juga menceritakan keberhasilan Anda dalam hal leadership di perusahaan atau kantor lama Anda (jika ada).

4. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah salah satu bagian penting dalam membangun hubungan dengan relasi atau mitra kerja. Untuk itulah, menegaskan bahwa Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik menjadi salah satu jawaban terbaik saat menjalani interview.

5. Rapi

Rapi termasuk salah satu jawaban yang cukup jarang digunakan oleh para kandidat pelamar kerja saat menghadapi kelebihan dan kekurangan saat interview. Padahal, jawaban ini dapat memberikan citra bahwa Anda adalah sosok yang detail dalam pekerjaan dan dapat bekerja sesuai aturan.

6. Problem Solving

Dalam suatu pekerjaan, tentunya akan terdapat rintangan akan masalah yang terkadang datang. Untuk itulah, kebanyakan perusahaan mencari sosok pekerja yang unggul dalam problem solving (dapat menyelesaikan masalah).

Anda dapat memberikan jawaban ini guna meyakinkan perusahaan bahwa Anda adalah kandidat yang akan dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan.

7. Kreatif dan Inovatif

Pada iklim bisnis hari ini, banyak perusahaan yang mencari sosok pekerja yang kreatif dan inovatif demi mengembangkan bisnis mereka. Kondisi inilah yang membuat kreatif dan inovatif dapat menjadi salah satu jawaban yang memikat HRD perusahaan untuk memilih Anda.

Jika Anda menggunakan jawaban ini, maka sebaiknya Anda juga menyertakan contoh kreativitas Anda di perusahaan lama sebagai bukti.

8. Dapat Berkolaborasi

Selain mampu bekerja dengan tim lain, banyak perusahaan juga mencari pekerja yang dapat berkolaborasi dengan tim atau divisi lain. Jelaskan bahwa Anda adalah sosok yang aktif berkolaborasi di perusahaan lama Anda ataupun di dalam projek pribadi Anda. Jangan lupa untuk menyertakan bukti kolaborasi yang Anda lakukan.

9. Kemampuan Interpersonal yang Baik

Kemudian, cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview bahwa Anda memiliki kemampuan interpersonal yang baik dapat memberikan citra sebagai sosok yang mudah berbaur. 

Hal ini biasanya salah satu karakter yang dicari di pekerja. Khususnya, apabila posisi terkait akan dituntut untuk berinteraksi dengan tim lain atau klien.

10. Jujur

Kejujuran dalam pekerjaan adalah hal penting. Apabila Anda memberikan jawaban jujur sebagai salah satu kelebihan, maka Anda menjelaskan bahwa Anda adalah sosok yang straight dan tidak malu untuk bertanya jika tidak memahami sesuatu.

11. Senang Mempelajari Hal Baru

Job enlargement adalah hal yang sering terjadi di banyak perusahaan. Untuk itu, banyak perusahaan yang mencari sosok pekerja yang suka mempelajari hal atau skill baru. Jawaban ini akan membuat Anda terlihat sebagai sosok yang selalu terpacu untuk mempelajari hal baru, khususnya yang berhubungan dengan skill tertentu.

12. Bersikap Tenang

Bersikap tenang dapat menjadi jawaban yang membuat perekrut mendapatkan kesan positif dari Anda. Jawaban ini akan memberikan kesan bahwa Anda adalah tipikal orang yang matang dalam mengambil keputusan dan tidak mudah terintimidasi.

13. Konsisten

Konsistensi adalah termasuk salah satu hal yang dicari oleh perusahaan. Hal ini terkait dengan produktivitas Anda saat bekerja. Untuk itulah, jawaban ini dapat menjadi opsi jika Anda ditanya perihal kelebihan diri Anda.

14. Independen

Jawaban ini tidak hanya menunjukkan bahwa Anda adalah sosok yang mampu bekerja di dalam tim, namun juga bekerja independen atau mandiri. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa Anda termasuk tipikal self-starter yang tidak perlu selalu diperintah atau dibimbing.

15. Memiliki Passion

Memiliki passion menjadi format jawaban terakhir yang kami sarankan untuk pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri saat interview. Jawaban ini umumnya disukai oleh para recruiter atau HRD.

Pasalnya, passion sering menjadi tolak ukur prediksi lama bekerja seseorang di suatu bidang pekerjaan. Melalui penjelasan bahwa Anda memiliki passion di bidang yang Anda lamar, maka Anda telah menghapus kekhawatiran perusahaan akan kualitas kerja dan lamanya Anda akan bertahan di perusahaan.

2. Contoh Jawaban Kekurangan Diri

Unsplash

Sedangkan untuk pertanyaan interview terkait kekurangan diri, Anda dapat mencoba memberikan jawaban berdasarkan pada format berikut:

1. Pengalaman yang Masih Harus Diperbanyak

Jika Anda adalah fresh graduate, maka jawaban ini dapat menjadi opsi jawaban perihal kelemahan Anda. Anda dapat menerangkan jika Anda belum memiliki banyak pengalaman kerja di posisi yang Anda lamar. 

Namun, pastikan bahwa Anda menjelaskan bahwa Anda memiliki pengalaman yang berkaitan dengan posisi tersebut. Misalnya pengalaman magang atau pernah mengikuti pelatihan yang relevan.

2. Kompetitif

Kompetitif adalah cara lainnya untuk menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview. Jawaban ini mungkin akan memberikan citra bahwa Anda hanya dapat bekerja jika terdapat tujuan tertentu yang ingin dicapai.

Jika Anda memberikan jawaban ini, maka pastikan Anda menjelaskan dengan hati-hati bahwa Anda tipikal orang yang kompetitif secara adil.

3. Skill yang Masih Kurang

Jika Anda belum memiliki skill yang cukup untuk posisi yang Anda lamar, maka Anda dapat menjadikan jawaban ini sebagai format jawaban berikutnya. Namun bersamaan dengan jawaban ini, sebaiknya jelaskan bahwa Anda memiliki pengalaman atau pernah mengikuti pelatihan kerja yang berkaitan dengan bidang yang dilamar.

4. Kurang Sabar

Kurang sabar juga menjadi opsi jawaban terbaik perihal kelemahan diri. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menjelaskan bahwa kurang sabar yang Anda maksud adalah kebiasaan kurang sabar dalam menyelesaikan masalah pekerjaan atau kendala yang dialami.

5. Keras Kepala

Keras kepala adalah sifat yang termasuk negatif dalam pekerjaan. Namun, jika Anda dapat menjelaskan dengan cara yang positif, maka hal ini dapat menjadi poin plus untuk menarik perhatian recruiter. Dalam hal ini, Anda dapat menjelaskan bahwa Anda adalah sosok keras kepala jika terkait dengan prinsip dan kedisiplinan.

6. Kaku

Tidak sedikit orang yang memiliki sifat kaku. Mengungkap hal ini sebagai jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview bukanlah hal yang terlalu buruk. Hal ini menjelaskan bahwa Anda termasuk sosok tertutup. 

Namun, jelaskan juga bahwa hal tersebut tidak mempengaruhi kinerja Anda di pekerjaan sebelumnya dan Anda telah mulai berusaha membuka diri dan berbaur.

7. Kurang Mampu Bicara Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa kerap menjadi kualifikasi di banyak perusahaan saat ini. Anda dapat mengungkapkan keterbatasan Anda dalam bahasa asing sebagai kelemahan diri Anda. Namun di sisi lain, Anda dapat menjelaskan bahwa Anda memiliki kemampuan memahami dan menulis dalam bahasa asing yang baik.

8. Terlalu Kritis

Melansir dari laman Better Team, sikap terlalu kritis juga dapat menjadi jawaban kelemahan diri yang terbaik. Di sini, Anda dapat menjelaskan bahwa Anda terlalu kritis dalam banyak hal, termasuk dalam perihal pekerjaan yang kurang sempurna atau baik.

9. Sulit Mengambil Keputusan

Pengambilan keputusan dalam pekerjaan adalah hal penting. Anda dapat menjadikan hal ini sebagai salah satu poin kelemahan Anda. 

Namun di sini, Anda dapat memperhalusnya dengan menjelaskan bahwa Anda tidak dapat mengambil keputusan terburu-buru dan selalu mempertimbangkan konsekuensi keputusan yang diambil.

10. Mudah Kecewa

Mudah kecewa juga termasuk referensi cara menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview yang kerap digunakan hari ini. Jawaban ini dapat citra negatif, namun jika disampaikan dengan baik, maka akan menjadi poin plus untuk interview Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat menjelaskan bahwa Anda memiliki sifat mudah kecewa dengan hasil pekerjaan yang kurang maksimal. Hal ini akan memperlihatkan sisi diri Anda yang perfeksionis dan selalu mencari solusi terbaik untuk masalah yang dihadapi.

11. Terlalu Introvert

Sifat introvert adalah sifat yang sebenarnya dapat menghambat kinerja di suatu perusahaan. Pasalnya, kebanyakan perusahaan melibatkan kolaborasi antara divisi atau tim. Jika Anda mengungkap hal ini sebagai salah satu kelemahan diri Anda, pastikan bahwa Anda menjelaskan bahwa Anda juga telah mulai mengatasi sifat ini.

12. Sering Menghindar Konflik

Konflik dalam pekerjaan tidak dapat dipungkiri sering terjadi. Konflik harus diselesaikan agar tidak menjadi bom waktu di kemudian hari. Perusahaan umumnya mencari pekerja yang dapat menyelesaikan konflik dalam pekerjaan dengan baik.

Namun, jika Anda menjadikan sikap ini sebagai jawaban untuk kelemahan Anda. Maka pastikan juga Anda menjelaskan bahwa Anda telah mulai berusaha mengatasi ini dan mulai memberanikan diri menghadapi konflik.

13. Terlalu Extrovert

Sifat yang terlalu extrovert juga dapat menjadi jawaban terbaik untuk pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview. Umumnya, sifat ini termasuk keuntungan dalam dunia kerja. 

Namun di iklim kerja saat ini, di mana terdapat budaya baru work from home, sifat ini dapat menjadi kerugian. Untuk itu, jika Anda menjadikan hal ini sebagai jawaban Anda saat interview, sebaiknya Anda menjelaskan juga bahwa Anda telah mulai menemukan solusi untuk mengatasi hal ini.

14. Perfeksionis

Perfeksionis bagaikan kedua sisi pedang, di mana terdapat sisi keuntungan dan kerugiannya tersendiri. Keuntungan dari perfeksionis adalah akan menjamin kualitas dari hasil pekerjaan Anda.

Namun di lain sisi, terlalu perfeksionis dapat membuat pekerjaan Anda tidak kunjung selesai. Untuk itu, jika format jawaban kelemahan diri ini menjadi pilihan Anda, pastikan agar Anda menegaskan bahwa Anda telah menyeimbangkan antara keinginan akan pekerjaan sempurna dan juga tanggung jawab memenuhi deadline.

15. Sulit Bekerja Terorganisasi

Jawaban perihal kelemahan diri lainnya yang dapat Anda gunakan saat interview kerja adalah kesulitan bekerja terorganisasi. Jika Anda memilih jawaban ini, Anda dapat menjelaskan bahwa Anda kurang dapat bekerja dengan workload dan deadline yang terlalu mepet.

Namun untuk menyeimbangkannya, Anda dapat menjelaskan berusaha mengatasi kelemahan ini dengan sejumlah cara, seperti membuat to-do-list, tidak menunda pekerjaan, dan lainnya.

16. Mudah Terdistraksi

Jika Anda adalah bukan sosok multitasking, jawaban ini dapat menjadi jawaban paling cocok perihal kelemahan diri Anda. Jelaskan bahwa Anda mudah untuk terdistraksi saat mengerjakan dua atau lebih pekerjaan secara bersamaan.

Selain itu, jelaskan pula bahwa Anda mulai mengatasi hal ini dengan cara menetapkan skala prioritas dalam penentuan task yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Manakah Jawaban Kelebihan dan Kekurang yang Akan Anda Gunakan Saat Interview?

Jika Anda memiliki jadwal interview dalam waktu dekat, sejumlah jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview di atas dapat menjadi clue guna mempermudah Anda menjawab.

Sebagai tambahan, terdapat perbedaan interview user dan HRD. Sehingga, selain mempelajari cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview di atas, Anda juga perlu mempelajari jawaban untuk pertanyaan yang berkaitan dengan pengetahuan teknis dan skill pekerjaan Anda. 

Baca Juga

Tinggalkan komentar